Jumat, 20 Januari 2017

MANFAAT BERMAIN BULUTANGKIS

Olahraga Bulu tangkis atau juga bisa disebut badminton ini memang dikenal sebagai olahraga yang mudah dan cepat untuk mengeluarkan keringat. Oleh karena itu manfaat bermain bulu tangkis ini sangat penting untuk semua usia. Karena dalam bulu tangkis hampir semua bagian tubuh kita bergerak aktif dengan cepat. Olahraga yang kabarnya berasal dari mesir kuno ini, bahkan ada kabar lain menyebut berasal dari cina merupakan olahraga yang cukup diminati di Indonesia. Dengan Olahraga bulu tangkis nama Indonesia terangkat dengan prestasi-prestasinya hingga di kancah dunia.  Bagi anda yang ingin olahraga yang membuat tubuh anda bergerak aktif sepenuhnya, tidak salah jika memilih Bulu tangkis sebagai olahraga untuk menjaga kesehatan anda.
Kita melihat para atlet bulu tangkis terlihat memiliki postur yang cukup ideal dan performance yang menarik seperti kulitnya halus dan cerah. Ternyata para pakar menemukan bahwa bentuk tubuh dan penampilan mereka tersebut memang diakibatkan dari kebiasan mereka memainkan bulu tangkis ini. Luar biasa bukan, tidak hanya sehat namun turut membantu kita untuk tampil menarik.
Itu hanya sebagian kecil dari manfaat Olahraga bulu tangkis, masih banyak lagi manfaat lain yang bisa kita dapatkan. Selain Manfaat Olahraga yang cukup banyak, tentu bulu tangkis memiliki karakteristik sendiri. Ditunjang dari banyak penelitian yang dilakukan pakar di bidang olahraga menemukan manfaat bulu tangkis diantaranya:

1. Olahraga bulu tangkis membuat kita berumur panjang

Manfaat olahraga bulu tangkis yang paling utama adalah dapat membuat usia lebih panjang. Memiliki umur yang panjang memang keinginan banyak orang. Di setiap ulang tahun biasanya kita menerima doa semoga panjang umur bukan.Doa mesti diiringi dengan usaha, dan bulu tangkis adalah salah satu usaha yang bisa kita lakukan.
Belakangan ini terdapat penelitian yang menemukan bahwa dengan bermain bulu tangkis 30 menit saja tiap harinya akan membuat kita terhindar dari resiko kematian sekitar 23%. Tidak hanya itu penelitian tersebut menambahkan bahwa bulu tangkis bisa memperpanjang 2 tahun umur kita.

2. Bulu Tangkis Dapat Mencegah obesitas

Kebanyakan orang ingin agar terhindar dari obesitas. Olahraga bulu tangkis adalah penangkal dari risiko obesitas. Mengapa? Karena bulu tangkis mereduksi kolesterol berlebihan dalam tubuh dan meningkatkan kolersetrol baik (HDL). Oleh karena itu, mari bermain bulu tangkis agar kolesterol jahat tidak berkembang di tubuh kita.

3. Bermain Bulu Tangkis Menjaga kepadatan tulang

Tulang adalah Organ penggerak pasif dalam tubuh dan sifatnya keras. Tulang yang lemah akan menimbulkan resiko osteoporosis. Biasanya semakin tua resiko ini semakin besar. Namun jangan kahwatir Olahraga ini bisa dimainkan oleh segala usia, khusus bagi anda yang masih muda semestinya rutin memainkan olahraga ini untuk kepadatan tulang anda. Karena bulu tangkis mampu memicu aktivitas sel-sel pembentuk tulang lebih meningkat, dan itu baik untuk membentuk kepadatan tulang kita.
Menurut pakar, Jane Taylor, seorang pelatih pribadi di Inggris. Berkata “Dampak memukul raket dan melompat-lompat membantu meningkatkan kepadatan tulang secara yang alami.”

4. Bermain Bulu Tangkis Meningkatkan kekuatan kaki

Tidak hanya tulang kita menjadi padat namun juga kuat. Gerakan belari ke kiri kekanan, ke depan ke belakang, dan melompat saat bermain bulu tangkis faktanya sangat ampuh dalam membentuk kekuatan kaki. Hal tersebut dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan di Inggris yang mengungkapkan banyak gerakan yang dilakukan saat bulu tangkis sangat baik untuk kekuatan kaki.

5. Mencegah penyakit jantung

Resiko penyakit lainnya bisa dihindari dengan bulu tangkis, salah satunya adalah resiko penyakit jantung. Olahraga ini juga akan memperkuat otot-otot jantung kita,serta  meningkatkan denyut jantung normal dan membuat detaknyanya lebih teratur.
SUMBER:http://manfaat.co.id/20-manfaat-bermain-bulu-tangkis-bagi-tubuh-dan-kesehatan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar