Sabtu, 05 November 2016

OWI BUTET

TONTOWI Ahmad diputuskan oleh PBSI (Persatuan Bulutangkis Seuruh Indonesia) sebagai pendamping baru Liliyana Natsir menggantikan pasangan Liliyana sebelumnya, Nova Widianto, pada awal 2010 lalu. Ketika itu, Nova memilih pensiun dari dunia bulu tangkis karena faktor usia. Saat itu usianya sudah 35 tahun.
Dari beberapa nama calon pendamping Liliyana, terpilihlah sosok Tontowi Ahmad yang sebelumnya berpasangan dengan Richi Puspita Dili. Tontowi berhasil mengalahkan nama-nama seperti Fran Kurniawan, Muhammad Rijal, dan Devin Lahardi.
Tak perlu lama bagi pasangan itu untuk segara melebarkan sayapnya di kancah bulu tangkis nasional bahkan internasional. Setahun setelah diresmikan menjadi pasangan ganda campuran, Owi/Butet, sapaan hangat keduanya, mulai mengisi pundi-pundi gelarnya dengan menjuarai SEA Games 2011 di Indonesia. Gelar juara terus bertambah hingga yang paling terbaru yaitu menjuarai Olimpiade Rio 2016, Brasil.
Guna menilik lagi prestasi pasangan ganda campuran itu, berikut capaian terbaik dari Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir.
Tahun 2011, pasangan itu menjuarai 3 gelar sekaligus, di antaranya Juara SEA Games di Indonesia, Singapura Terbuka, dan India Terbuka. Tahun berikutnya, Owi/Butet kembali memenangi India Terbuka ditambah satu gelar bergengsi All England.
Tahun 2013, gelar juara India Terbuka dan All England kembali diamankan pasangan itu beserta 3 gelar lainnya yaitu Tiongkok Terbuka, Singapura Terbuka, serta Juara Dunia 2013.
Untuk ketiga kalinya secara berturut-turut, gelar All England kembali diraih Tontowi/Liliyana yang berhasil disandingkan dengan gelar juara Prancis Terbuka dan Singapura Terbuka tahun 2014. Keduanya juga menjadi runner up Asian Games 2014.
Tahun 2015, Juara Asia menjadi satu-satunya gelar yang mampu didapatkan pasangan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir.
Momen paling membanggakan, bukan hanya bagi Owi/Butet, tetapi bagi seluruh warga Indonesia, tercipta tahun 2016. Setelah berhasil meraih gelar di Malaysia Terbuka, pasangan fenomenal Indonesia itu berhasil membuat lagu kebangsaan Indonesia Raya berkumandang di Brasil pada hari peringatan ke-71 hari kemerdekaan Indonesia dengan mempersembahkan medali emas Olimpiade Rio 2016.
Pencapaian terakhir yang berhasil didapat keduanya itu diharapkan mampu menjadi penambah motivasi, terutama bagi generasi-generasi selanjutnya yang sedang dan akan tampil dalam ajang-ajang bergengsi lainnya untuk terus mengharumkan nama Indonesia. 

SUMBER :http://www.pikiran-rakyat.com/olah-raga/2016/08/18/catatan-ringkas-perjalanan-karier-duet-owibutet-377706

Tidak ada komentar:

Posting Komentar